Selasa, 06 Juli 2010

Creative Common License (CCL)

Creative Common License adalah suatu lisensi yang dapat membantu mempublikasikan hasil karya baik tulisan atau penemuan secara online dan memberi suatu aturan terhadap karya tersebut. Dengan CCL kita dapat menentukan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan terhadap suatu karya serta kita dapat memegang hak cipta dengan tetap mengijinkan orang lain meng-copy dan mendistribusikan karya kita selama mereka memberikan credit dan memenuhi persyaratan yang kita berikan. CCL biasanya dapat dilihat website Flickr, RSS feeds, blog, situs pendistribusian musik, video internet, dsb.
Ada beberapa macam CCL yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan :
Attribution
Anda memperbolehkan orang lain menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan menggunakan karya Anda dan karya turunanannya dengan sayrat mereka memberi Anda kredit(mencantumkan pemilik asli baik nama, username,id maupun situs atau link).
Noncommercial
Anda memperbolehkan orang lain menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan menggunakan karya Anda dan karya turunanannya dengan namun tidak untuk tujuan komersial(mendapatkan keuntungan)

No Derivative Work
Anda memperbolehkan orang lain menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan menggunakan karya tersebut namun tidak boleh mengedit maupun mengubahnya( hanya menggunakan karya asli)


Share Alike means:
Anda memperbolehkan orang lain menyalin, mendistribusikan, menampilkan, menggunakan bahkan mengedit suatu karya, namun karya tersebut harus dilisensikan kembali atas suatu kesepakatan.
Macam-macam CCL diatas dapat di kombinasikan satu sama lain seperti:
1. Attribution alone (by)
2. Attribution + Noncommercial (by-nc)
3. Attribution + NoDerivs (by-nd)
4. Attribution + ShareAlike (by-sa)
5. Attribution + Noncommercial + NoDerivs (by-nc-nd)
6. Attribution + Noncommercial + ShareAlike (by-nc-sa)
Creative Commons licenses are all non-exclusive. Artinya Anda memperbolehkan orang lain untuk menggunakan karya Anda di bawah Creative Commons license dan kemudian mereka juga dapat melisensikannya menggunakan tipe non-exclusive license yang berbeda dengan pengguna lain.
Creative Commons licenses are non-revocable. Artinya bahwa Anda tidak dapat protes atau menghalangi orang lain yang mendapat lisensi dari karya anda dan orang tersebut sudah memenuhi persyaratan yang anda berikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar